Tips Menghadapi Interview User

Apa itu Interview User?

Proses rekrutmen di beberapa perusahaan biasanya menerapkan beberapa tahapan tes terlebih dahulu. Salah satunya adalah tahap interview user. Interview user biasanya dilakukan setelah kamu lolos dari tahap interview HRD. User adalah orang yang berkaitan langsung dengan pekerjaanmu atau calon atasan langsung kamu nantinya. Sebagai calon atasan, tentunya user ingin mengenal dan melihat keterampilan kerja kamu. Mulai dari keterampilan dasar, latar belakang pendidikan, termasuk pengalaman kerja yang sudah kamu miliki di bidangmu. Jumlah user di setiap perusahaan bisa beragam jumlahnya, karena terdapat komposisi manajerial masing-masing perusahaan yang berbeda.

Berikut beberapa tips menghadapi interview user :

1. Pahami job description pekerjaan yang kamu lamar

Pelajari setiap detail tugas yang diterangkan dalam bagian job description. Pastikan kamu memahami jenis pekerjaan yang akan kamu lakukan nanti serta keahlian apa saja yang dibutuhkan. User akan mempertimbangkan kamu jika kamu telah memahami tugas dari posisi yang kamu lamar. 

2. Kenali user

Pada interview user, kamu akan berhadapan langsung dengan calon atasan kamu. Manfaatkan media sosial seperti LinkedIn atau website perusahaan untuk mencari tahu informasi kira-kira calon atasan kamu. Hal ini untuk mengantisipasi rasa gugup dan cemas yang dapat membuat kamu grogi. Kamu juga menjadi lebih tahu seperti apa wajah, posisi, dan minat calon atasanmu.

3. Berlatih mengerjakan test

Tak jarang dalam tahap interview user, kamu akan langsung diminta untuk mempraktikan langsung suatu pekerjaan yang akan kamu kerjakan nantinya. Kamu bisa berlatih menyelesaikan studi kasus yang mungkin diberikan user selama interview user. Interview user biasanya memakan waktu lebih lama sehingga kamu harus siap menjawab pertanyaan dan tantangan yang diberikan.

4. Berikan pencapaian yang spesifik

Pastikan kamu bisa menjelaskan secara spesifik, karena User membutuhkan jawaban yang detail. Buktikan dengan data tentang pencapaian kamu selama ini seperti tugas atau project yang telah kamu kerjakan di perusahaan lama atau organisasi yang kamu ikuti.

5. Inisiatif untuk bertanya

User biasanya akan memberikan kesempatan untuk bertanya. Kamu tidak boleh melewatkan kesempatan ini. Kamu dapat menanyakan hal-hal yang menarik minatmu di tempat kerja sehingga ada komunikasi dua arah antara kamu dan User. User akan senang jika kandidatnya terlihat aktif dan bersemangat.

source : cakap.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *