- 22 Oct 2021
- Cndglobal
- Artikel & Tips, Blog
- Comments: 0
Dikutip dari laman aptika.kominfo.go.id, Revolusi Industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi siber dan teknologi otomatisasi. Revolusi Industri 4.0 dikenal juga dengan istilah “cyber physical system”. Konsep penerapannya berpusat pada otomatisasi. Dibantu teknologi informasi dalam proses pengaplikasiannya, keterlibatan tenaga manusia dalam prosesnya dapat berkurang. Dengan demikian, efektivitas dan efisiensi pada suatu lingkungan kerja dengan sendirinya bertambah. Dalam dunia industri, hal ini berdampak signifikan pada kualitas kerja dan biaya produksi. Nah agar kamu tetap bisa sukses berkarir di era Revolusi Industri 4.0, maka kamu harus segera menyesuaikan kemampuanmu sesuai dengan profesi atau bidang pekerjaan yang muncul di era ini.
Berikut beberapa daftar profesi-profesi yang muncul di era Revolusi Industri 4.0 :
1.Content Creator
Adalah seseorang yang bekerja untuk menciptakan sebuah konten yang bermakna dan memiliki kekuatan atau pengaruh yang besar. Dibutuhkan konsep, ide kreatif dan pengemasan yang menarik untuk menunjang pembuatan konten yang baik. Selalu mengikuti tren dan peristiwa yang sedang populer merupakan salah satu kemampuan yang dibutuhkan untuk membuat konten yang populer di berbagai platform media sosial. Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan komunikasi yang mumpuni dalam bercerita.
2.Content Writer dan Copywriter
Apa sih Content Writer, adalah seseorang yang bekerja membuat konten untuk dikonsumsi pembaca. Sedangkan copywriter adalah seseorang yang membuat konten promosi yang dapat menarik konsumen pada jasa atau produk yang ditawarkan.
3.Sosial Media Strategist
Di era teknologi seperti sekarang, hampir semua orang memiliki media sosial. Telah terjadi perubahan pada sistem atau metode penjualan. Bisnis online yang semakin meningkat, tentunya mempengaruhi juga ke media promosi yang di gunakan. Yang semula iklan di media televisi, mulai beralih ke media sosial. Oleh karena itu dibutuhkan seorang Sosial Media Strategist untuk keperluan branding dan mengiklankan suatu brand. Tugasnya yaitu bertanggung jawab atas konten, pengadaan event, analisa feedback, menciptakan identitas brand, sertas berinteraksi langsung dengan konsumen. Ada kalanya bisa juga merangkap sebagai Customer Services.
4.SEO Specialist
SEO (Search Engine Optimization) Specialist bertugas mengoptimasi website agar website tersebut dihalaman pertama mesin pencarian seperti Google, Yahoo dan Bing. Seorang SEO Specialist harus selalu update informasi mengenai algoritma google yang terus selalu diperbaharui.
5.Cyber Security
Pada profesi ini, kamu harus benar-benar memahami seluk-beluk dunia internet dan berbagai celahnya. Banyak perusahaan teknologi yang membutuhkannya, sebab ancaman peretasan dan kebocoran data yang semakin banyak.
6.Digital Public Relations
Adalah seseorang yang fokus dalam membangun citra secara digital melalui berbagai platfrom digital seperti website, media sosial dan email.
7.Digital Marketing
Seorang digital marketing harus bisa menguasai SEO, strategi media sosial hingga pembuatan konten digital yang efektif. Seorang digital marketing juga harus mengetahui tren yang terjadi dan memiliki pengetahuan mengenai pemasaran dalam bidang digital.
8.App Developer
Adalah seorang yang bertugas membangun atau mengembangkan software aplikasi menggunakan bahasa pemograman. Sehingga harus menguasai algoritma , logika pemograman dan tentunya bahasa pemograman seperti HTML, Ruby, Java, PHP dsb.
9.Web Developer
Adalah seseorang yang menciptakan aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemograman. Perannya mulai dari pemanggilan database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur cara elemen-elemen website berinteraksi.
Semoga bermanfaat 🙂
Source : https://aptika.kominfo.go.id/; https://aptika.kominfo.go.id/
Related Posts
Cara Mendapatkan Passsive Income bagi Mahasiswa
30 Nov 2024 0Tips Sukses Menjadi Content Creator
31 Oct 2024 0Pilihan Aplikasi untuk Latihan Interview Kerja
30 Sep 2024 0