Mengenal Digital Marketing, Profesi yang Banyak Dicari Perusahaan

digital marketing

Salah satu profesi yang saat ini banyak dicari oleh perusahaan yaitu digital marketing. Perkembangan teknologi telah menuntut perusahaan untuk bisa beralih dari marketing konvensional ke digital marketing untuk meningkatkan bisnisnya. Hal ini tentunya menjadi kesempatan besar bagi siapa pun yang ingin berkarir sebagai digital marketing.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing atau bisa juga disebut dengan digital marketer, disebut juga sebagai pemasaran produk secara online. Dengan memanfaatan media sosial, situs web dan mesin pencari yang memudahkan untuk terhubung langsung dengan pelanggan maupun calon pelanggan dengan pesan teks atau multimedia. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien. Beberapa posisi digital marketing dalam perusahaan yaitu Digital Strategis, Content Writer, SEO Specialist, Social Media Strategist, Paid Ads Specialist. Definisi digital marketing bisa disimpulkan sebagai kegiatan pemasaran yang melibatkan penggunaan jaringan dan teknologi digital untuk mencapai tujuan pemasaran tertentu.

Jenjang Karier Digital Marketing

Profesi Digital Marketing memiliki jenjang karier yang menjanjikan. Hal ini lantaran kebutuhan teknologi yang meningkat sehingga perusahaan dituntut untuk punya tim marketing yang handal. Pada posisi terbawah biasanya dimulai dari digital marketing officer kemudian meningkat sampai bisa ke posisi digital marketing executive.

Jika kamu ingin berkarier pada profesi ini, maka ilmu yang harus kamu kuasai adalah: Sistem Informasi, Teknik Informatika, Manajemen, Bisnis, Ilmu Komunikasi, dan Ilmu Komputer.

Peran dan Tanggung Jawab

  • Bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan sama pemasaran dan branding produk perusahaan di masyarakat secara digital.
  • Menyusun perencanaan untuk promosi sebuah produk melalui channel digital.
  • Membuat konsep campaign marketing di channel-channel digital secara keseluruhan.
  • Memelihara dan meningkatkan engagement pelanggan produk melalui penyampaian content di media sosial.
  • Mengoptimasi dan meningkatkan peringkat laman perusahaan dan produk-produk yang dihasilkan dalam search engine.

Keahlian yang Harus Dimiliki 

1. Kreatif

Harus mampu berfikir secara kreatif yang bertujuan untuk mengikuti perkembangan dan persaingan dalam pemasaran produk. Mampu berpikir strategis tentang konsep pemasaran yang diminati oleh masyarakat dan menarik.

2. Analis

Selain kreatif, kamu harus memiliki kemampuan dalam menganalisis data. Lakukan riset pasar dan kemudian tafsirkan data tersebut menjadi sebuah ide content. Melalui data tersebut, kamu juga dapat menyusun strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk bersaing dengan perusahaan kompetitor. Tentunya kamu harus memiliki kemampuan untuk membaca data.

source : https://campus.quipper.com/; https://blog.hacktiv8.com/; https://www.loker.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *